System Architecture adalah model konseptual yang mendefinisikan struktur, perilaku, dan pandangan lebih dari suatu sistem. Sebuah deskripsi arsitektur adalah deskripsi formal dan representasi dari suatu sistem, yang diselenggarakan dengan cara yang mendukung penalaran tentang struktur dari sistem. Sebuah arsitektur sistem dapat terdiri dari komponen sistem, sifat eksternal terlihat dari komponen-komponen, hubungan (misalnya perilaku) di antara mereka. Hal ini dapat memberikan rencana dari mana produk dapat diperoleh, dan sistem yang dikembangkan, yang akan bekerja sama untuk menerapkan sistem secara keseluruhan. Ada upaya untuk memformalkan bahasa untuk menggambarkan arsitektur sistem, secara kolektif ini disebut bahasa deskripsi arsitektur.

LTSA atau Learning Technology System Architecture adalah sebuah standar arsitektur yang berdasarkan kepada komponen-komponen abstrak. LTSA ini dirancang sebagai sebuah standar yang memberikan spesifikasi bagi sistem pembelajaran atau pelatihan berbasis teknologi informasi. Standar ini hanya menyediakan sebuah framework untuk memberikan gambaran bagaimana sistem yang sudah ada sekarang dan juga di masa yang akan datang. Standar ini didesain sebagai panduan yang bebas dari aspek teknologi, kultur, konten, dan juga pedagogi.

Dalam bidang teknik komputer, arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache,RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue Gene, dll. Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya. Arsitektur komputer ini paling tidak mengandung 3 sub-kategori:

– Set instruksi (ISA)
– Arsitektur mikro dari ISA, dan
– Sistem desain dari seluruh komponen dalam perangkat keras komputer ini.