Perkembangan Mobile Device di Indonesia

Perkembangan teknologi ICT (information and communication technology) secara langsung juga mempengaruhi pekembangan hardware dan software hal ini bedampak juga pada perkembangan teknologi perangkat smartphone yang semakin bisa memenuhi trend kebutuhan pengguna smartphone sehingga hal ini juga berdampak pada semakin meningkatnya penggunaan perangkat mobile device yang semakin popular. Selain sudah menjadi gaya hidup mobile device juga memberikan kemudahan kepada penggunanya untuk dapat melakukan hal hal yang sebelumnya hanya bisa dilakukan di perangkat desktop. Dengan menggunakan perangkat mobile device semakin memberikan kemudahan para penggunanya untuk bisa melakukan kegiatan dimanapun dan kapanpun.

Software menjadi salah satu ujung tombak keberhasilan mobile device. Penciptaan program aplikasi merupakan terobosan penting dalam perkembangan mobile device, ia membuka jalan bagi pemanfaatan maksimal dari kultur dinamis dan praktis yang ditawarkan oleh mobile device. Mobile application menjadi bidang dengan potensi besar dalam industri ICT.

Indonesia menurut Kominfo “raksasa teknologi digital Asia yang sedang tertidur”.  Dengan jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 250 juta jiwa menjadi pangsa pasar yang besar. Pengguna smartphone Indonesia juga bertumbuh dengan pesat. Lembaga riset digital marketing Emarketer memperkirakan pada 2018 jumlah pengguna aktif smartphone di Indonesia lebih dari 100 juta orang. Dengan jumlah sebesar itu, Indonesia akan menjadi negara dengan pengguna aktif smartphone terbesar keempat di dunia setelah Cina, India, dan Amerika.

Sebuah laporan baru dari Emarketer menyatakan bahwa akan terdapat dua miliar pengguna smartphone aktif di seluruh dunia pada tahun 2016. Dan Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai pertumbuhan terbesar, di bawah China dan India. Tiga negara ini secara kolektif akan menambah lebih dari 400 juta pengguna smartphone baru dari 2014 hingga 2018.

Menurut laporan ini, Indonesia akan melampaui 100 juta pengguna smartphone aktif pada tahun 2018, menjadikannya negara dengan populasi pengguna smartphone terbesar keempat di dunia (di belakang China, India, dan Amerika Serikat). Sehingga Indonesia sangat berpotensi untuk tumbuh sangat cepat dan besar. Kebutuhan terbesar saat ini adalah dukungan dari pemerintah supaya industri digital Indonesia bisa mengatasi ketertinggalan oleh negara lain. Penetrasi Internet harus bisa ditingkatkan dengan cepat. Tidak hanya terfokus di Jawa, tapi juga tersebar di daerah lain di Indonesia. Pemerintah juga harus membuka jalan dan memberikan berbagai insentif agar industri digital ini bisa tumbuh dan mendapat akses pendanaan.

Sejumlah perusahaan digital Singapura sudah merambah Indonesia, antara lain GrabTaxi. Perusahaan yang baru saja mendapatkan suntikan dana sebesar Rp 3,6 triliun dari Softbank ini juga mengembangkan layanan aplikasi transportasi sepeda motor yang diberi nama GrabBike. GrabBike saat ini menjadi pesaing serius perusahaan Indonesia, Go-Jek.

Adapun pemerintah sepertinya sudah mulai menyadari bahwa industri digital penting untuk bisa tumbuh dengan cepat. Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara pada awal 2015 sempat berjanji akan menghimpun dana US$ 1 miliar dari para pengusaha swasta untuk diinvestasikan ke startup digital.

Baru-baru ini, Rudiantara mengatakan pemerintah akan membangun akses Internet sampai ke desa.Pemerintah juga membuka kesempatan kepada pengembang untuk menyediakan aplikasi digital yang bisa membantu perkembangan potensi desa misalnya di bidang pertanian atau kelautan. Semoga saja dengan dukungan dari pemerintah untuk memberikan dukungan perkembangan penyediaan aplikasi digital dapat memberikan semangat kepada bangsa Indonesia unt berperan aktif dan turut serta dalam menciptakan aplikasi aplikasi yang tentunya bisa digunakan di mobile device sehingga terciptalah karya karya anak negeri yang tidak kalah dengan buatan luar negeri.

 

1 Comment

  • martono

    Tulisan yg menarik bu Diah. Agar membuka wawasan kita ttg perkembangan mobule device..

Leave us a Comment

logged inYou must be to post a comment.