Kebutuhan Tenaga Programmer di Indonesia

Untuk calon Mahasiswa yang masih bingung menentukan jurusan kuliah? Atau lagi galau merencanakan profesi masa depan?

Sebaiknya kalian baca baik baik tentang perkembangan kebutuhan tenaga professional di dunia industri, kira-kira profesi mana yang akan memberikan banyak peluang dan juga memberikan hasil atau pendapatan yang tinggi bahkan pernah menjadi profesi dengan gaji paling tinggi sedunia tahun 2016. Tentunya juga setiap profesi juga harus dilakukan dengan sungguh sungguh sehingga kita menjadi seorang professional yang bernilai.

Menurut “Michael Page, sebuah perusahaan spesialis rekrutmen di Inggris, melakukan riset untuk mencari tahu, apa aja pekerjaan dan profesi yang paling banyak dibutuhkan di 24 negara yang berbeda.”

Hasilnya?

Buat kamu yang sudah atau berencana berkarier di bidang pengembangan software, good news! Kamu sudah berada di jalur yang tepat! Soalnya, berdasarkan riset Michael Page, Software Engineers & Developers adalah profesi yang paling banyak dicari di dunia—termasuk di Indonesia—untuk saat ini dan akan datang.

Nggak heran kalau sekarang ini, perusahaan-perusahaan rintisan alias startup berbau teknologi pada berkembang pesat, seperti Tokopedia, Lazada, Go-Jek, Grab bike,  Traveloka, Uber, Grab, Airbnb, dan sebagainya. And I’m sure they will keep growing! Apalagi pemerintah Indonesia ‘kan mulai mendorong kemajuan industri kreatif berbasis teknologi.

Ironisnya, ternyata Indonesia masih kekurangan banyak tenaga muda profesional untuk menggerakan industri ini. Seperti yang sudah dituliskan oleh CCN Indonesia bahwa Indonesia Darurat Tenaga Programmer “Kondisi SDM bidang TIK dalam negeri cukup memprihatinkan. Hal ini disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara berdasarkan data dari peta okupasi nasional di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Berdasarkan data peta tersebut, kebutuhan SDM TI belum terpenuhi hampir di semua lini kategori”.

 

Dampaknya cukup konkrit dan bisa dilihat kemampuan SDM di bidang informatika khususnya Programmer, saking nggak adanya Programmer lokal yang kompeten, Go-Jek aja musti “mengimpor” puluhan progammer dari India. Grab, perusahaan saingan Go-Jek dari negara tetangga, pun harus buka kantor Research & Engineering di Seattle, AS agar bisa merekrut ratusan engineer dan programmer yang kompeten..

Nah, berikut adalah 10 profesi yang paling banyak dicari dan dibutuhkan di seluruh dunia, yang menududuki posisi awal adalah salah satunya Teknik Informatika dan Ilmu Komputer

Software Engineers & Developers (Insinyur & Pengembang Perangkat Lunak)
Jurusan kuliah:
Teknik Informatika, Ilmu Komputer

Berhubung sekarang perekonomian sudah berbasis Internet, Kreatif serta Teknologi, Software Engineers & Developers alias insinyur dan pengembang perangkat lunak diproyeksikan sebagai profesi yang pertumbuhannya paling cepat serta paling banyak dibutuhkan selama 10 tahun terakhir, dan akan terus berkembang hingga 10 tahun ke depan.

Dari sedikit uraian diatas diharapakan para mahasiswa jurusan Teknik Informatika, Teknik Komputer atau Ilmu Komputer tentunya punya peluang yang oke dan menjanjikan untuk memantapkan keinginan dan semangatnya untuk bekerja di bidang ini, apalagi kalau sudah punya pengalaman kerja praktek semasa kuliah. Kesempatan sangat terbuka luas dan sangat menjanjikan untuk menjadi seorang programmer professional dengan pendapatan yang HIGH…

Ada berita bagus untuk sobat yang mungkin belum sobat ketahui. Ya, tenaga seorang programmer pun sangat dibutuhkan untuk saat ini. Terlebih saat ini tersedia berbagai pilihan bahasa pemrograman dengan fungsinya masing-masing. Namun apakah sobat tahu, dari sekian banyak bahasa pemrograman, kira-kira manakah yang menawarkan bayaran paling tinggi? Lihat dan cermati saja grafik survei dibawah!(Data dari microcyber2.com)

Kalau kalian sudah yakin dan memutskan untuk memilih bekerja di bidang ini programmer sebagai tenaga profesional, jangan lupa untuk selalu mempertajam keahlian dan meng-update keterampilan, ya, berhubung dinamika dan perubahan di bidang teknologi dan komputer sangatlah cepat.

Leave us a Comment

logged inYou must be to post a comment.