2 TAHUN CORTANA: APA YANG SUDAH BISA DIA LAKUKAN?

Bulan April memiliki dua perayaan besar bagi Microsoft, selain hari dimana Microsoft lahir, bulan April ini juga merupakan hari lahirnya sang asisten digital pribadi nan cerdas, Cortana. Tanggal 2 April 2014 lalu, Microsoft secara resmi memperkenalkan Cortana sebagai asisten digital pribadi untuk pengguna Windows. Di acara Build 2014 dua tahun lalu, Cortana terlahir dan menjadi kompetitor serius dari Siri dan Google Now.

Cortana sendiri diambil dari nama seorang asisten di permainan Halo buatan Microsoft Studio. Nama ini banyak disukai, bahkan saat itu, banyak fans dari permainan Halo berpindah ke Windows Phone hanya untuk bisa merasakan sensasi seperti yang ada di game Halo.

Di artikel ini, saya akan mengulas sepak terjang Cortana selama dua tahun ini dan bagaimana opini serta analisa mengenai masa depan Cortana.

CORTANA SAAT INI

Saat ini Cortana bukan lagi monopoli fitur ponsel Windows saja, Cortana juga sudah bisa kita nikmati di Windows 10 PC/tablet. Bahkan jika kalian pengguna ponsel Android dan iOS, Cortana bisa kalian gunakan dengan baik pada kedua sistem operasi tersebut.

Banyak fans Windows kecewa dengan keputusan Microsoft dengan merilis Cortana hadir di kedua platform rival, namun ini merupakan langkah yang sangat baik demi berkembangnya Cortana. Cortana belajar dari data-data yang berasal dari penggunanya, dari hal-hal yang mereka tanyakan ataupun yang diperintahkan. Dengan menggunakan mesin Bing, semakin banyak data yang masuk, maka Cortana akan semakin banyak belajar. Imbasnya, bukan hanya Cortana saja yang akan menjadi lebih pintar, mesin pencari Bing juga akan memiliki relevansi yang lebih akurat.

Saat ini Cortana baru di lokalisasi untuk beberapa wilayah saja, seperti Amerika Serikat, Inggris, China, Kanada, India, Perancis, Italia dan beberapa wilayah lain. Namun belum hadir di Indonesia. Ya, kita tetap bisa menggunakannya dengan mengubah region ke wilayah yang telah di dukung.

APA YANG BISA DILAKUKAN OLEH CORTANA SAAT INI

Layaknya asisten pribadi, Cortana mampu digunakan untuk aktivitas dasar seperti mencatat dan mengingatkan apa yang di minta oleh penggunanya. Namun Cortana bisa lebih dari itu, asisten pribadi buatan Microsoft ini mampu memprediksi kemenangan pertandingan olahraga, pemenang piala Oscar dan mencarikan tempat untuk makan. Bagi saya, keseruan Cortana adalah saat Microsoft menambahkan ‘perasaan’ seperti melakukan humor, menyanyi, berekspresi hingga bisa memilihkan rayuan untuk pasangan.

Microsoft membuat Cortana semakin fungsional dengan membuka kesempatan bagi para pengembang aplikasi untuk menggunakan Cortana sebagai fitur pada aplikasi mereka. Selain itu beberapa manufaktur pembuat home automation sudah melakukan integrasi terhadap Cortana, salah satunya adalah Easydom.

APA LAGI YANG AKAN BISA DILAKUKAN OLEH CORTANA

Microsoft terus memgembangkan Cortana, di ajang Build 2016 kemarin, Microsoft menambahkan fitur ‘saran’ seperti “membelikan makan siang atau mengirimkan file presentasi atas nama kita. Selain itu Cortana juga bisa di akses melalui lock screen. Jadi kita tidak perlu sign-in untuk bisa mengakses Cortana. Cortana juga akan hadir di Xbox One.

Sayangnya Cortana ini belum tersedia di region Indonesia, kita tunggu saja kehadiran cortana di region indonesia dengan Cortana ala Indonesia .

Sumber

Related Blogs

Leave us a Comment

logged inYou must be to post a comment.